TIPS MENULIS CATATAN RAPOR

 

TIPS MENULIS CATATAN RAPOR

By: Istianah

 

Merujuk pada kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2021/2022, jadwal kegiatan sekolah Penilaian Akhir Semester I (PAS I) sudah selaesai. Bahkan mungkin ada yang sudah melaksanakan pemabagian rapor. Tergantung kebijakan daerah dan kondisi sekolah masing-masing. Di media sosial sudah bertebaran share-share kegiatan akhir semester. Ada yang menggelar kegiatan class meeting, kemah ceria, dan berwisata. Kegiatan di akhir semester cukup berantai dan menyita waktu bagi guru. Membuat soal, megawas pelaksanan PAS, mengoreksi soal, mengolah nilai, dan kegiatan finalnya adalah mengisi rapot.

 

Mengisi rapor kurikulum 2013 (K-13), ada empat aspek penilaian yang dimuat atau dilaporkan dalam rapor K-13, yaitu aspek spiritual (KI-1), Aspek social (K-2), aspek pengetahuan (K-3), dan aspek ketrampilan (K-4). Sikap dan perilaku merupakan aspek penilaian yang paling penting. Apabila ada anak didik yang berperangai atau berperilaku buruk, maka dianggap nilai aspek yang lainnya kurang.

 

Selain mengisi aspek-aspek penilain di atas, yang tidak kalah membuat guru cukup “kelimpungan” ialah mengisi catatan rapor. Catatan rapor ini dimaksudkan untuk memberi motivasi kepada peserta didik. Di samping itu juga sebagai informasi kepada wali murid dan murid yang bersangkutan agar mereka mengerti kelebihan dan keunggulannya, maklum kelemahan dan kekurangannya, serta faham prihal yang perlu dibenahi untuk perbaikan tahap berikutnya.

 

Siapa yang sering galau ketika menulis catatan rapor? Acungkan tangan! Agar tidak terkesan seragam, alias copy paste dari absen nomor satu sampai nomor absen terakhir. Dan yang lebih penting pas mengena sasaran, apa yang kita harapkan untuk diperbaiki anak didik kita. Berikut ini ada beberapa tips atau langkah yang mungkin dapat membantu Anda menulis catatan rapor

 

Memilah Anak Dalam Beberapa Kategori

Kategori Prestasi Akademik

Pilah anak didik yang pintar, menengah, dan kurang/lemah.

 

Kemampuan setiap peseta didik tidak sama. Tidak semua peserta didik mudah dalam menerima dan memahami ilmu. Prosesnya berbeda, ada yang dalam waktu cepat langsung dapat faham, ada yang butuh waktu lama baru dapat faham.

Kategori Peserta Didik Yang Memiliki Masalah atau “Kasus”

Misal tidak disiplin (sering bolos, sering terlambat, mengabaikan tata tertib sekolah, tidak pernah setor tugas, dan lain-lain), membully teman (bullying fisik, verbal, bahkan mental), sering berkelahi, dan lain-lain.

Kategori Prestasi Non Akademik

Di samping prestasi akademik, anak didik kita ada yang berprestasi non akademik, misal pidato, tartil, tahfidz, menggambar, dan cabang olah raga dan seni yang lain.

 

Menentukan kalimat motivasi yang sesuai

Dari pemilahan tersebut kita dapat mengantongi data, anak didik nomor absen sekian, sekian, dan sekian, anak yang prestasi akademiknya bagus. Anak didik nomor sekian, sekian dan sekian lambat memahami pembelajaran. Anak didik nomor sekian, sekian dan sekian anak yang sering bolos. Anak didik nomor sekian, sekian dan sekian anak yang sering membully teman. Dan seterusnya. Setelah kita tahu dan memilah anak dalam kategori masing-masing, tinggal meyusun kalimat sesuai kategori anak didik yng dimaksud.

 

Satu tips lagi yang perlu diperhatikan ketika membuat catatan rapor ialah ungkapkan kelebihan dan keunggulan anak didik terlebih dahulu kemudian lanjut dengan pesan, nasihat, atau motivasi yang diperlukan. Setiap peserta didik pasti memiliki kelebihan atau keunggulan. Tidak mungkin tidak memiliki suatu kecakapan tertentu. Karena setiap manusia terlahir dengan membawa kelebihan dan kekurangan masing-masing.

 

Beberapa Contoh Catatan Rapor

Berikut ini ada beberapa contoh catatan rapor yang dapat menjadi tambahan referensi dan rujukan Anda;

1.    Alhamdulillah prestasi And. Yusuf sangat bagus. Perkaya pengetahuan dengan banyak membaca buku yang relevan.

2.    Alhamdulillah prestasi And. Aminah sangat bagus. Imbangi prestasi dengan rasa percaya diri. (Jika anaknya pemalu).

3.    Alhamdulillah And. Adam semangat dan rajin belajar. Patuh terhadap orang tua dan guru merupakan kunci dimudahkannya memperoleh ilmu.

4.    Alhamdulillah And. Ali memiliki kecakapan dalam memanah. Salah satu kunci sukses adalah disiplin waktu.

5.    Alhamdulillah And. Maryam jiwa sosialnya tinggi dan sangat peduli dengan teman. Akan lebih bagus dan sholihah lagi kalau tidak suka bolos.

6.    Alhamdulillah And. Yunus jago dalm ilmu bela diri. Akan lebih jago dan sholih jika digunakan untuk hal yang baik, bukan unuk membully teman.

7.    Alhamdulillah And. Ibrahim aktif dalam kegiatan ekstrakurukuler. Jangan lupa tetap belajar yang rajin agar tertinggal prestasi akademiknya.

8.    Dan lain-lain.

 

Demikian tips menulis catatan rapor yang bisa saya bagikan dalam tulisan singkat ini. Semoga tulisan ini bemanfaat dan dapat mempermudah kerja Anda. Anda bisa menambah referensi lain dari artikel-artikel yang terkait. Dan memodifikasi sesuai dengan kebutuhan dan keadaan anak didik. Sehingga catatan rapornya tidak minimalis lagi. Dan tidak terkesan itu-itu saja. Selamat bekerja. Semoga sukses

 

 

Salam literasi.

Mari  bersinergi berkolaborasi perkaya literasi negeri!

Komentar

  1. Balasan
    1. Trima kasih atas kunjungan & supportnya, Ibu Kepsek yg smart & energik👍🏾

      Hapus
  2. Terimakasih informasinya bu... Insyaalloh ilmu yang di sharingkan bermanfaat, untuk masukannya tulisan yang warna biru saya kira link mungkin lebih baik cetak miring saja.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

SURVEY TEMPAT MENGAJAR

Hari Guru Nasional (HGN)

MENULIS ITU MUDAH (RESUME PELATIHAN KE 10)