SURVEY TEMPAT MENGAJAR


 

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) membuka seleksi untuk guru ASN PPPK. Di tahun 2021, program ini membuka peluang bagi satu juta guru ASN PPPK. Rekrutmen guru honorer 2021 ini terbuka bagi guru honorer yang terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik), serta lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang saat ini tidak mengajar.

 
            Sesuai ketetapan Badan Kepegawaian (BKN), di tahun 2021 ini tidak ada seleksi CPNS untuk guru. Untuk menjadi ASN guru, harus mengikuti seleksi PPPK. Apa itu PPPK? Pembaca tentu sudah banyak yang mengerti. PPPK adalah singkatan dari Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja. Menurut ketentuan Undang-undang nomor 5 tahun 2014, PPPK guru termasuk dalam kategori aparatur sipil negara (ASN). Seperti PNS, PPPK guru maupun non-guru mendapatkan gaji dari negara.

 

Program ini memberi angin segar bagi kami, guru honorer dan guru swasta. Mengambil peluang ini, saya dan beberapa teman yang mengajar di sekolah swasta ikut berkompetisi mengikuti program ini. Karena guru swasta kami ikut tes seleksi program ini pada tahap 2. Alhamdulillah saya dan sebagian teman lulus. Saya memilih formasi yang dekat dengan tempat tinggal. Dengan demikian saya sudah mengerti lokasi sekolah tempat tugas nanti. Berbeda dengan teman saya, lokasinya cukup jauh dari tempat tinggalnya. Dan belum pernah ke tempat tersebut.

 

Terbawa rasa penasaran, akhirnya kami yang ikut tes sepakat mengantar beliau survey tempat mengajar. Selepas sholat asar, sekitar pukul 16. 20 wita kami meluncur ke lokasi. Karena jalan terdekat sedang dalam perbaikan. Kami memilih jalan alternatif. Wow, jalannya ekstrim banget dan kiri kanan jalan tidak ada pemukiman. Seandainya saya yang tugas di sini, saya mungkin tidak sanggup. Bukan karena jauhnya, tapi takut medannya. Karena saya tidak lihai mengendrai motor, mampunya di jalan yang lurus dan mulus. Alhasil selama tinggal di tanah rantau, Kalimantan Timur, bisa dibilang saya tidak pernah mengendarai motor sendiri.

 

Teman saya tinggal di Kelurahan Muara Jawa Pesisir, sedang tempat tugasnya nanti masuk dalam wilayah kelurahan Teluk Dalam. Teluk Dalam merupakan kelurahan terjauh di wilayah Kecamatan Muara Jawa Kutai Kartanegara Kalimantan Timur. Jarak dengan kelurahan terdekat, yaitu Kelurahan Muara Jawa Pesisir adalah 22 km. Jadi teman saya nanti akan menempuh perjalanan kurang lebih 40 km pulang pergi, dengan kondisi jalan yang saya sebut ekstrim. Bisa Anda saksikan di rekaman video yang saya unggah. Anda penasaran bagaimana kondisi jalannya? Yuk, berkunjung ke tempat kami.

 


Selamat bertugas temanku di tempat baru nanti. Selamat berjuang. Butuh waktu dan tenaga ekstra untuk sampai di tempat tugas. Jangan lupa jaga kesehatan dan sebelum berangkat jangan lupa sarapan. Semoga dapat lebih memberi manfaat.  

 

Mari bersinergi, berkolaborasi perkaya literai negeri!

 

Salam Literasi

 

Iastianah

 

 

 

 

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MUNULIS BUKU MAYOR DALAM DUA MINGGU (RESUME KE 12)