Pemasaran Buku
RESUME PELATIHAN KE 21
PELATIHAN BELAJAR MENULIS PGRI
Gelombang :
22
Pertemuan Ke :
21
Hari/Tanggal :
Jum’at/ 12 November 2021
Tema :
Pemasaran Buku
Narasumber :
Agus Subandana,M.M.
Moderator :
Ms. Phia
Penulis :
Istianah
Hari ini kembali Ms. Phia melakukan road show , kemdati demikian
beliau tetap energik dan cetar mengantar narasumber kita Bapak Agus Subandana,M.M, yang akan mengusung
tema
“Strategi Pemasaran Buku”. Sebelum narasumber masuk kelas Ms. Phia memperkenalkan
profil beliau:
-
Bekerja di Penerbit ANDI Yogyakarta selama 17 th.
- Dari sejak awal th 1999 s.d
sekarang menggeluti di Bidang Pemasaran
- Lulus S1 dan S2 mengambil
Jurusan Manajemen Pemasaran
- Sering menjadi Moderator
berbagai event webinar
Untuk biodata lengkapnya bisa
klik link berikut ini, link saya dapatkan dai membaca halaman blog moderator.
https://omjaylabs.files.wordpress.com/2020/04/cv-singkat-pak-agus-subardana.pdf
Dampak covid 19 mendera di segala bidang, termasuk
pada bisnis penerbitan buku
Dampak Penjualan Buku Selama COVID 19 sangat dirasakan betul
oleh pelaku usaha bidang Penerbitan Buku. Hal ini disebabkan karena:
1.
Jarinagn tutup
2.
Pengunjung ke toko buku menurun drastic
3.
Penurunan omset hingga 90%
4.
Sebagian besar penerbit bangkrut/gulung tikar
5.
Kurang maksimal penawaran karena tidak bisa
bernego langsung
Maka dari itu dalam rangka untuk
mempertahankan Industri Penerbitan Buku , selama pandemic Covid 19 ini supaya
tetap terus hidup dan dapat mencapai hasil penjualan buku yang maksimal maka perlu strategi pemasaran. Srategi Pemasaran buku
kita ubah melalui On Line , dan jaringan komunitas secara on line.
Dan
strategi pemasaran tersebut umumnya dipengaruhi oleh faktor-faktor yang
meliputi:
1.
Faktor Mikro yaitu perantara, pemasok, pesaing, dan masyarakat.
2.
Faktor Makro, yaitu demografi-ekonomi, politik-hukum, teknologi-fisik, dan
sosial budaya.
Strategi pemasaran buku yang dipetakan
menjadi 2 yaitu
1. Strategi Pemasaran buku serangan
udara (On Line )
2. Strategi Pemasaran buku melalui
serangan darat ( Of line)
Pemasaran Buku Lewat Online
Untuk penjualan buku lewat Online ini kita harus terus proaktive
untuk terus promosi
Dengan strategi sebagai berikut :
1.
Menyebarkan informasi produk secara masif
kepada target pasar potensial.
2.
Mendapatkan konsumen baru dan mempertahankan
konsumen yang sudah ada sehingga kesetiaan konsumen terjaga.
3.
Menjaga kesetabilan penjualan saat kondisi
pasar lagi lesu.
4.
Menaikan penjualan dan profit
5.
Membandingkan dan keunggulan produk
dibandingkan dengan pesaing
6.
Membentuk citra produk dibenak mata konsumen
sesuai dengan yang diinginkan
7.
Mengubah tingkah laku (yang kurang minat beli ,
menjadikan tertarik beli) , persepsi dan pendapat konsumen.
Pemasaran Buku Lewat Komunitas
Kita tentunya
punya komunitas masing – masing sesuai dengan kapasitas kita untuk membentuk
komunitas dan relasi , maka gunakanlah jaringan komunitas kita untuk sarana
promosi dan penjualan buku . Penjualan lewat komunitas akan lebih efektive dan efisien sehingga
tingkat keberhasilan nya lebih tinggi penjualan buku yang kita tawarkan.
Kuncinya kita harus proaktive komunikasi dan interaksi dengan komunitas serta
dapat menjaga integritas pribadi kita.
Strategi
pemasaran buku serangan Darat (OFFLINE ).
Untuk menguasai
seluruh wilayah nusantara ini dalam penetrasi pasar buku , kita harus melakukan
pemetaan wilayah dengan membuka cabang tiap kota besar yang potensi pasarnya
sangat baik. Kami Penerbit Andi telah mempunyai 90 cabang di kota dari Aceh s.d
Papua, dengan menempatkan tenaga pemasaran di tiap kantor cabang tersebut.
Strategi
pemasaran buku serangan darat
Strateginya
kita kelompokkan berdasarkan target pasar yang kita tuju , antara lain :
Saluran distibusi toko buku
Pemetaan Jenis toko buku
1.
Toko buku modern
Mengikuti trnsaksi modern yang bisa
dikendalikan dengan sistem sentralisasi
2.
Toko buku semi modern
Transaksinya masih bisa dikendalikan pertoko.
3.
Toko buku tradisional
Transaksinya dan laporan penjualannya masih menggunakan
sistem manual.dan belum trsistem dengan baik.
Strategi Promosi di toko buku Modern
Ada berbagai macam cara yang perlu kita lakukan , antara lain :
1.
Menguasai display buku , supaya tampilan buku
dapat terlihat dan menonjol .
2.
Mengadakan promosi di internal toko dengan
memasang produk di Neon Box, X Banner
3.
Mengadakan Bedah Buku , Talkshow dan potongan
Harga pada buku tertentu atau periode tertentu.
4.
Mengadakan event tematik sesuai moment bulan
berjalan (program Ramadhan, Program TAB,
Program TAM , dll )
5.
Dan masih banyak lagi program promosi di toko
buku modern yang dapat kita lakukan , kuncinya kita proaktive komunikasi dengan
pihak internal Toko Buku modern tersebut.
Strategi Pemasaran dengan Directselling
Pemasaran Buku melalui Directselling ini kita petakan berdasarkan
jenis katagori buku yang kita terbitkan . Jenis Katagori buku penjualan lewat
Directselling ini kita bagi menjadi beberapa target pasar yaitu :
1.
Buku Pendidikan (Buku mata pelajaran Utama dan
buku pendamping untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK).
2.
Buku Teks Perguruan Tinggi untuk semua mata
kualiah
3.
Buku Referensi untuk jenjang TK, SD, SMP,
SMA-SMK , Perguruan Tinggi dan umum
Dengan pemetaan jenis katagori tersebut di atas Industri Penerbitan
buku melakukan terobosan pemasaran dengan menempatkan tenaga penjual (Sales). Tugas
Tenaga Penjual / sales tersebut kita beri tanggungjawab target sesuai maping
areanya masing – masing.
Semoga covid 19 benar-benar musnah sehingga kita bisa kembali hidup dalam kondisi normal dan dapat mencetak buku dan menyemarakkan kembali penebitan buku.
Salam literasi.
Mantaap. Terdepan..rapi dan komplit pula
BalasHapusTerima kasih Ms. Phia sudah berkenan hadir & memberikan suport🙏
BalasHapusSemangat terus sampe akhir ya. Berjuanggg
BalasHapusTerima kasih bu Aam suportnya. Insya Allah. Mohon bimbingannya🙏
HapusResume lengkap Dan keren bunda.
BalasHapus